Feature Top (Full Width)

Minggu, 21 Oktober 2018

Sejarah Perusahaan PT XL Axiata Tbk 1989

sejarah perusahaan XL





PT XL Axiata Tbk (dulu PT Excelcomindo Pratama Tbk), atau dipersingkat XL, ialah satu perusahaan operator telekomunikasi seluler di Indonesia. XL mulai beroperasi dengan komersial pada tanggal 8 Oktober 1996, serta adalah perusahaan swasta pertama yang menyiapkan service handphone di Indonesia. XL mempunyai dua posisi produk GSM, yakni XL Prabayar serta XL Pascabayar. Diluar itu XL ikut menyiapkan service korporasi yang termasuk juga Internet Service Provider (ISP) serta VoIP.

Kantor pusat PT XL Axiata Tbk terdapat di Menara Sempurna, Jl. Dr. Inspirasi Anak Agung Gde Agung, Megakuningan Jakarta Selatan 12950 serta mempunyai 5 kantor cabang atau region (West, East, Central, North serta Jabo).

Sejarah Perusahaan PT XL Axiata Tbk 1989

PT XL Axiata Tbk. (“XL” atau “Perseroan”) dibangun pada tanggal 6 Oktober 1989 dengan nama PT Grahametropolitan Lestari, beroperasi di sektor perdagangan serta layanan umum. Enam tahun lalu, Perseroan ambil satu langkah terpenting bersamaan dengan kerja sama pada Rajawali Grup – pemegang saham PT Grahametropolitan Lestari – serta tiga investor asing (NYNEX, AIF, serta Mitsui). Nama Perseroan lalu menjadi PT Excelcomindo Pratama Tbk dengan usaha penting di bagian penyediaan service teleponi basic.

Pada tahun 1996, XL mulai beroperasi dengan komersial dengan konsentrasi lingkup ruang di Jakarta, Bandung serta Surabaya. Perihal ini jadikan XL menjadi perusahaan tertutup pertama di Indonesia yang menyiapkan layanan teleponi basic berjalan seluler. Bulan September 2005 adalah satu tonggak terpenting untuk Perseroan. Dengan meningkatkan semua segi bisnisnya, XL jadi perusahaan publik serta terdaftar di Bursa Dampak Jakarta (saat ini Bursa Dampak Indonesia). Kepemilikan saham XL sekarang ini sebagian besar dipegang oleh TM International Berhad lewat Indocel Holding Sdn Bhd (83,8 persen) serta Emirates Telecommunications Corporation (Etisalat) lewat Etisalat International Indonesia Ltd (16,0%). XL pada sekarang ini adalah penyedia service telekomunikasi seluler dengan lingkup jaringan yang luas di semua lokasi Indonesia buat konsumen setia ritel serta menyiapkan jalan keluar usaha buat konsumen setia korporat.

Service XL meliputi diantaranya pembicaraan, data serta service nilai lebih yang lain (value added services). Untuk memberi dukungan service itu, XL beroperasi dengan tehnologi GSM 900/DCS 1800 42 dan tehnologi jaringan berjalan seluler skema IMT-2000/3G. XL ikut sudah mendapatkan Ijin Penyelenggaraan Jaringan Masih Tertutup, Ijin Penyelenggaraan Layanan Akses Internet (Internet Services Protocol/ ISP), Ijin Penyelenggaraan Layanan Internet Telephone untuk Kepentingan Publik (Voice over Internet Protocol/VoIP), serta Ijin Penyelenggaraan Layanan Interkoneksi Internet (“NAP”).

XL sudah sukses meningkatkan serta menguatkan jaringan serat optik di sejumlah kota besar di Indonesia. Dengan nasional, kami sudah bangun jaringan infrastruktur transmisi yang terbagi dalam jaringan serat optik di semua kota besar di Jawa, serta jaringan transmisi gelombang mikro di luar Jawa yang di dukung oleh jaringan VSAT. Sampai 31 Desember 2008, kami sudah menempatkan seputar 11.600 km. kabel darat serta bawah laut. Jaringan serat optik darat XL telah dipasang selama kurang lebih 9.200 km., termasuk juga jaringan transmisi simpatisan yang membentang selama jalan kereta api utara dari Banten ke Surabaya di Jawa Timur, ikut enam jaringan simpatisan (ring) serat optik yang tersambung dengan jaringan transmisi penting (backbone).

sejarah perusahaan xl

Konfigurasi ini mempunyai tujuan untuk tingkatkan redundansi jaringan serta terhubung trafik telekomunikasi dari kotakota di dalam serta selatan Jawa. Diluar itu, ada dua jaringan simpatisan di Lingkar Luar Jakarta untuk melayani ruang Jakarta. Di lokasi Sumatera, kami sudah bangun serta menjalankan kabel darat yang menghubungkan Medan, Padang, Pekanbaru, Jambi, Palembang, serta Bandar Lampung. Untuk kabel bawah laut, sampai 31 Desember 2008 XL sudah menempatkan serta menjalankan kurang lebih 2.400 km. kabel memiliki besar. Di Indonesia sendiri, kami sudah menempatkan jaringan bawah laut pada Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, serta Kalimantan. Sekarang ini, pembangunan jaringan yang menghubungkan Kalianda (Lampung) ke Anyer, serta Jawa ke Kalimantan tengah berjalan.

Dengan selesainya pembangunan ini, Sumatera serta Jawa akan tersambung dalam konfigurasi cincin, serta pada Jawa serta Kalimantan akan mempunyai koneksi langsung. Di dukung dengan Tips Membeli Sepeda Motor Bekas dan jaringan transmisi serat optik serta jaringan transmisi gelombang memiliki tinggi, kami bisa menyiapkan service berkualitas untuk konsumen setia kami dengan ketergantungan minimum pada jaringan yang dioperasikan operator lainnya. Skema komunikasi berbasiskan VSAT (Very Small Aperture Terminal) dipakai untuk memberi dukungan pelebaran di daerah berpopulasi rendah. Tehnologi ini pula sangat mungkin penetrasi jaringan selular ke daerahdaerah di semua Indonesia yang belumlah mempunyai jaringan penting. Supaya bisa menyiapkan jalan keluar komunikasi yang cepat, memiliki besar dengan tarif dapat dijangkau dengan nasional serta internasional, kami sudah menempatkan kabel serat optik bawah laut, yang dimaksud Batam Rengit Cable Sistem (BRCS), yang menghubungkan Batam dengan Johor (Malaysia). Skema ini di dukung dengan jaringan transmisi gelombang mikro yang menghubungkan Batam serta Singapura, dan Batam serta Penggarang (Malaysia).

XL ikut selalu memperluas jaringan internasional lewat kerja sama juga dengan partner kami di negara lainnya. Di 2008, XL sudah merajut kerja sama juga dengan 353 operator selular di 140 negara, hingga pemakai XL pascabayar bisa nikmati sarana jelajah internasional. Kerja sama ini di dukung oleh kerja sama GPRS internasional dengan 133 operator, kerja sama MMS internasional dengan 52 operator, serta kerja sama 3G internasional dengan 56 operator. Diawali tahun 2008, pemakai prabayar XL bisa terima serta lakukan panggilan di Singapura, Saudi Arabia, Uni Emirat Arab, Taiwan, Hong Kong, Inggris, Belgia, Perancis, India, Spanyol, Cina, serta Ukraina. Mereka ikut memperoleh service GPRS lewat kerja sama juga dengan Mobile 1 (Singapura), Chunghwa (Taiwan), Smartone (Hong Kong), Celcom (Malaysia), DTAC (Thailand), IDEA (India), Smartone (Macau), Telstra (Australia), Softbank (Jepang), Cingular (Amerika), KPN (Belanda), Vodafone D2 GmbH (Jerman), Dialog (Sri Lanka), Vodafone (Inggris), TMIC (Kamboja), Orange (Perancis), Vodafone (Selandia Baru), Vodafone (Spanyol), Swisscom (Swiss), Vodafone (Turki), Vodafone (Portugis), Vodafone (Irlandia), Vodafone (Itali),Vodafone (Republik Ceko), serta DST (Brunei).

Untuk pelebaran jaringan transmisi, XL sudah sukses mengimplementasikan tehnologi mutakhir dengan bangun jaringan multiplex DWDM (Dense Wavelength Division Multiplexing), MPLS serta NGN (Next Generation Network), untuk lengkapi tehnologi TDM (Time Division Multiplexing) seperti PDH (Plesiochronous Digital Hierarchy),SDH (Synchronous Digital Hierarchy) serta CWDM (Coarse Wavelength Division Multiplexing) yang konvensional. Pada awal tahun 2010 ini, PT Excelcomindo Pratama Tbk beralih nama jadi PT XL Axiata Tbk.

Visi serta Misi PT XL Axiata Tbk. 

Visi 
Jadi juara seluler Indonesia – memuaskan konsumen setia, pemegang saham serta karyawan.

Misi 
1. Harga dapat dijangkau dengan pilihan produk serta service yang menarik serta memberi nilai plus buat konsumen setia.
2. Tingkatkan pengalaman konsumen setia.
3. Pastikan pengendalian beban jaringan yang ideal serta mengoptimalkan kemampuan dan kualitas.
4. Menjaga keuntungan dengan selalu tingkatkan market share bersamaan dengan usaha untuk masih menjaga organisasi yang ramping serta manajemen cost yang jeli.
5. Memakai peluang dalam service data serta Value Added Services.
6. Tingkatkan efisiensi dalam skema distribusi untuk membuahkan jaringan distributor dengan kapasitas yang tinggi, setia, serta produktif.

7. Menguatkan atribut merk.
Lokasi: Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Sejarah dan Profil Perusahaan PT. Bank Mandiri Tbk

Bank Mandiri merupakan bank yang telah beroperasi selama 15 tahun. Bank Mandiri adalah bank hasil upaya pemerintah merestrukturasi perb...